Rabu, 10 Oktober 2018

Absurd itu apanya jenius?

Sering gak kita denger orang ngatain "apaan sih, absurd lo!" Atau orang yang ngaku-ngaku dirinya itu termasuk orang yang absurd??

Oke gini, gw bantu cari tau dulu di KBBI sebenarnya absurd itu apa:

ab·surd a tidak masuk akal; mustahil

Sedangkan menurut kitab gaul anak jaman sekarang, absurd sendiri lebih sering digunakan sebagai pengganti kata GAK JELAS/ GARING. Keduanya bisa dilihat dan digunakan untuk verbal dan non verbal. Alias dari omongan dan kelakuan.

Nah yang mau gw ceritakan disini bukan ke sisi gaul, karna gw sendiri merasa tidak cukup gaul sebagai sosok manusia. Tapi lebih ke arah pemikiran seseorang yang absurd. Bingung dah lo.. maksud gw penyampaian seseorang dimana ketika dia bicara lebih sering bikin lo mengernyitkan dahi, ngangkat alis, atau goyang bahu (no no no, yang terakhir gw yakin itu cuma kelakuan boneka mampang) tapi gak tau kenapa keren aja lo dengernya.

Gw sendiri cukup sadar kadang arah pembicaraan gw ke orang lain agak sulit ditebak, bukan mengada-ngada tapi bisa out topic mendadak. Terutama kalo ada sesuatu yang bikin penasaran ato mendadak muncul di otak dan pengen gw utarakan sebelum gw lupa. Cuma yaa sekarang gw liat dulu lawan bicara gw siapa kalo gw ketemu orang yang pembicaraannya standar aja hmm lo akan liat sikap manis gw alias cengo garuk2 juga. Tapi klo lawan imbang, dijamin pasti kita lupa waktu. Karna bisa ngelantur kemana-mana.

Back to topic. Emang pemikiran absurd itu kaya apa? Biasanya yg isi obrolan nya gak seperti org biasa. Buat gw orang model gini justru jenius, jenius buat maksa kita mikir cerna omongan dia. Tapi kalo lo udah paham isinya pasti lo akan manggut2 sendiri dan bergumam, "wahh bener juga nih". Dan orang model gini yang biasanya bahaya buat jadi pendoktrin. Ciri2 orang berpikiran absurd jenius selain dari isi obrolan yang diluar jangkauan org umum tentunya dari cara dia menjabarkan. Biasa terkesan simpel, kaya celetukan, macem bercanda tapi maknanya dalam. Contoh obrolan yang masih awam apa ya?? Gini deh.. ada orang cerita dia dapet undangan ultah, suruh dtg pake dresscode warna warni cerah. Orang normal akan nanggepin oh pake baju warna cerah, kalo si absurd jenius bakal diperkarain tuh si dresscode warna-warni. Oh bearti gw pake baju belang-belang, tabrak warna, biar ramein suasana pasti nih kayanya acara outdoor.

Udah paham belum? Jadi jenis mereka itu suka ngeribetin idupnya sendiri jalan pikirnya. Gak sesuai sama kesimpelan omongannya. Gw punya 2 sepupu yang modelan gini. Seringnya jadi bahan ceng-an di keluarga, tp buat gw yang ngeliat, omongan mereka tuh bikin gw tepuk tangan dan yakin mereka emang jenius. Contoh konkrit nyata orang jenius absurd di indonesia yang bisa kita temuin itu Cak Lontong. Siapa sih yg gak kesel sama omongan dia, tapi lo harus ngaku omongannya bener kan?
Dan lucunya, sekarang orang banyak yang pengen dibilang absurd. Gak tau mau jadi absurd yg mana. Ini benar terjadi sama gw. Jadi gw kenalan sama cowok lantaran gw penasaran dia nulis biodatanya pecinta ufo. Wohh jarang2 nih.. biasa gw nemu penyuka JKT48, atau penyembah sate ayam eh sekarang pecinta ufo. Iyalah jarang.. di indonesia kan blm pernah ada berita ufo, pasti ni orang base nya ke luar negeri. Calon smart friend (handphone kali ah).

Gw ajak ngobrol lah, gw tanya pecinta ufo ini karna suka sama bentuknya, ke misteri ufonya, ke aliennya, area 51 atau kehidupan lain selain di bumi?? Trus dia jelasin galaxy dgn planetnya, perputaran yg terjadi di antaranya, dan gak nyerempet soal ufo sama sekali. Yaaa bole sih ngomong soal sistem tata surya blaem blaem tp klo ditilik lg gak ada sesuatu yg wow gitu. Gw tekenin lg, jd suka sama ufonya karna apa? Intinya dia percaya ada kehidupan lain selain di bumi, ya karna banyaknya org yg ngaku liat ufo. Gw celetukin aja, kalo gitu bio lw pecinta ufo gak pas gw kira lo koleksi bentuk2 ufo. Kali aja lo ada foto ufo yang model polem (emangnya poni?). Coba tuh orang jawab gitu aja dr awal, bisa lanjut kali tuh omongan.

Cuyy absurd pemikiran bole, tapi jangan gak nyambung jg kalo ditanya. Segala gw disuruh dengerin lagu yang bisa bikin lo ngerasa di alam lain. Ealah dalahh.. tiap hari kalo lagi apes juga gw ngeliat alam lain, gak usah kudu denger lagu dulu. Absurd buat gw bukan cuma perihal biar lo terlihat beda, seolah nerd, seolah geek, ato hippies. Tapi lo beda, karna lo menyukai sesuatu dan memahami nya lebih detail dari org kebanyakan gak nanggung2 apalagi sekedar tau. Jd ketika ngomong lo keliatan keren, keliatan gitu pinternya walopun yg diajak ngomong belum tentu mudeng sama yg diomong. Dan contoh model org yg gw temuin itu menurut gw totalitas absurd nya. Bikin ketawa ngenye'. Gak ada lawan, mending diemin, liatin sambil minum jus. Abis itu gw dicuekin karna katanya gw gak bisa menyelami pemikiran dia. Ahahaha iya deh yang absurd.

0 komentar:

Posting Komentar