Kamis, 11 Oktober 2018

Jangan bilang "kalau saja"

Apaan sih tang, kok judulnya gitu? hehehe cuma mau berbagi pengalaman aja ceritanya, mumpung di kantor lagi gabut. Emang ada apa dengan kata sepele kaya gitu, jadi gini kata "kalau aja", "seandainya" pasti sering gak sadar kita ucap. biasanya sering keucap ketika ada sesuatu yang kita harapkan belum bisa terjadi, atau iri, atau menyesal akan suatu hal. Nah ternyata dibalik kata-kata ini justru gw dapet ilmu baru.. tepatnya sesuatu yang gw baru pelajarin setahun lalu.

Tahun lalu masih jelas di ingatan gw gimana gw sering menyalahkan diri gw sendiri terhadap suatu kejadian yang terjadi di hidup gw. Gw sering banget bilang, "coba dulu gw gak mau diajak kenalan sama dia", "coba gw jangan kasih tuh orang kesempatan kedua", dan rentetan kalimat lain yang selalu menyalahkan waktu sebagai kambing hitam.

terus tiba-tiba di tengah ke random-an gw browsing, gw menemukan sebuah artikel yang langsung bikin gw berasa kaya dipukul dari belakang. artikel itu berbunyi :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلا تَعْجِزَنَّ , وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلا تَقُلْ : لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَذَا لَكَانَ كَذَا وَ كَذَا , وَلَكِنْ قُلْ : قَدَرُ اللهِ وَ مَا شَاءَ فَعَلَ , فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Bersungguh-sungguhlah dalam hal-hal yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusan), serta janganlah sekali-kali kamu bersikap lemah. Jika kamu tertimpa sesuatu (kegagalan), maka janganlah kamu mengatakan, ‘seandainya aku berbuat demikian, pastilah tidak akan begini atau begitu’. Tetapi katakanlah, ‘ini telah ditakdirkan oleh Allah dan Allah berbuat sesuai dengan apa yang dikehendaki’. Karena sesungguhnya perkataan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan setan”. (HR. Muslim no. 2664)


ini link nya: https://muslimah.or.id/3345-perkataan-seandainya-membuka-pintu-setan.html


Dari artikel itu gw dapet kesimpulan, jadi selama ini yang gw lakuin itu bukan nyalahin diri sendiri tapi nyalahin takdir Allah. Dan gw diam seribu bahasa. Gak butuh waktu lama buat tulisan ini bikin gw sadar, harusnya gw justru ambil hikmahnya dari apa yang udah terjadi sama gw. Bukannya selama ini gw selalu coba cari positif persoalan, kenapa juga lantaran masalah kali ini berhubungan dengan perasaan sentimentil gw malah jadi berlarut dan seolah hidup gw terhenti. Abis itu gw tanamkan ke pikiran gw hal baik apa yang bisa gw dapet setelah semua kejadian ini lewat. Hal pertama yang gw bisa ambil adalah gw tidak perlu berlama-lama lagi dalam jurang kenistaan yaitu pacaran. Iyess cuy, pacaran emang nikmat tapi godaannya gede banget. Godaan buat zina, walopum hubungan lawan jenis gw juga itungannya cupu banget daripada anak SD sekarang. Dan next nya yaa gw coba cari lagi hal positif apa yang bisa gw dapet. Sejauh ini sih gw gak nyesel dan nyalahin diri gw, malah gw bersyukur dapet pengalaman terbaik buat ke depan nanti.

Nahh.. tapi nih ya kadang gw pengen banget kasih artikel itu ke temen-temen gw yang masi suka ngucapin kata yang tidak boleh disebutkan itu (macem nyebut voldemort). Dan hal yang terparah adalah ketika temen gw curhat, "coba gw ketemu nih cewek sebelum gw nikah tang.. ". Gw paham sih, untuk urusan hati emang sering dibutakan cuy, tapi kalo gw yang denger model gitu it's sound like lo nyesel sama apa yang udah lo pilih, ada kesedihan di dalam katanya. ada penyesalan, ada ketidak bersyukuran. Dan istilah membuka pintu setan bisa jadi bener. semakin lo menyalahkan entah itu siapa, semakin bisikan-bisikan syaiton kenceng untuk melakukan yang berlawanan.

Allah ta’ala berfirman,

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيْبَةٍ فِي الأَرْضِ وَلا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلاَّ فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيْرٌ # لِكَيْلَا تَأْسَوْهَا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوْا بِمَا ءَا تَكُمْ وَاللهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَا لٍ فَخُوْرٍ 

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami mewujudkannya, sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak pula terlalu gembira dengan apa yang Dia berikan untukmu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Al-Hadiid: 22-23)

https://muslimah.or.id/3345-perkataan-seandainya-membuka-pintu-setan.html

Okeh udah bawa-bawa ayat nih, bukan bermaksud sok religius apa gimana, tapi buat gw pribadi ketika gw menemukan artikel ini pun gw rasa udah suratan takdir dari Allah biar gw gak berlarut dalam kubangan kesedihan. Muahahaha. By the way, hal-hal yang pernah terjadi sama gw malah sekarang sering gw jadiin bahan inspirasi, bahan renungan, bahan penelitian (wedeuww) yang jelas gak bisa jadi bahan makanan (krikk).


Jadi, kalo you gaes ada yang baca tulisan tak bermakna ini semoga justru jadi berpikir keras setelah mencoba meresapi. Ya kalo kurang meresap bisa disimpan di kulkas semaleman dulu. Ihh udah ahh garing banget daritadi, mungkin efek cuaca panas diluar sana yang mengeringkan kulitku hingga ke ari-arinya.

0 komentar:

Posting Komentar