Minggu, 20 November 2016

Transjakarta berbenah!

Yang pengguna transjakarta coba ngacung?!! Sayaa... Sayaa..

Transjakarta atau yang orang sering bilang busway ini (padahal kan itu sebutan buat jalurnya yah) ternyata membuktikan kalau mereka bisa jadi alternatif transportasi yang baik, nyaman, efisien, dan pendukung pengurai kemacetan. Siapa yang gak setuju? Pasti gak tiap hari deh naik si TJ (disingkat) ini.

Terutama dengan campur tangan gubernur dan menteri dan dishub, TJ sekarang makin banyak trayek jalur yang memudahkan. Berbenah yang paling saya rasain nih yaaa..

Dulu, kalau lewat jam 6 pagi di PGC jurusan grogol bakal amsyong telat buat suting pagi. Tapi kalo dateng sebelum jam segitu laki perempuan bakal nunjukin keahliannya adu silat badan mulut yang seringnya menghasilnya ada yg jatoh, kegencet, sepatu jatoh ke bawah, makian, dll. Tapi skrg semakin byk armada bis, 5-10 sekali bakal siap antar kita ke tujuan (minimal adu fisik itu berkurang).

Bicara armada, TJ juga sekarang ngeluarin versi kopaja bangkunya, terus ada yg khusus perempuan dengan bus warna pink nya itu (yang cowok jangan sirik) hehe. Walopun menurut saya, sekalipun lebih aman.. resiko "plis aku mau duduk" semakin kecil dalam kondisi penuh. Maaf yaa.. kita perempuan ini makhluk egois yg kalo udh capek senggol bacok. Jd biasanya kalo saya lg capek bgt dan butuh duduk mending nunggu yang campur aja ato yg sepian drpd ngarep kebaikan hati yg belum tentu (curhat).

Nah terus.. si TJ ini kan pengoperasiannya skrg pake e ticket gitu yaa.. masuk sama keluar kudu wajib pake ticket. Dan ticket nya juga ramah buat semua transportasi (ex: pake fl***) bisa buat kereta juga. Jd satu kartu berbagai macam kegunaan (kece laa).

Terus di tiap shelter ada papan monitor kedatangan armada, jd kita bisa ada perkiraan berapa lama lagi bis bakal datang.

Dan yang terakhir.. makin byk koridor tambahan yang dibuka.
Sejauh ini yg pernah saya coba dan saya tahu adalah :
Kp. rambutan - lebak bulus
Poris - bekasi timur
grogol - tugas
pinang ranti - bunderan senayan
St. Palmerah - Tosari
Harmoni - bekasi barat
Uki - cibubur

Dan dari sekian koridor itu paling sedih sama keadaan bis rambutan-lebak bulus.. bukan sedih sama trayeknya tapi sama keadaan bisnya yang beda bgt kalo diliat sama trayek yg lain. Boleh sih pake bis bekas tapi yang masih terawat kali yah, jangan yang kotor dindingnya, berkarat tapi ditiban cat tp masih keliatan bekasnya dan kondisi pintu yg kaya mau copot dan bunyi2.

Tapi overall saya cukup bangga dengan perubahan yang ada, pengembangan sdm yang ramah dan tanggap terhadap bangku priotas serta trayek saya acungi jempol. Tinggal diperbanyak lagi buat armada di koridor yang baru dan buat kalian yang masi demen macet2an pake kendaraan pribadi mending cobain deh sesekali tes pake TJ. LEBIH MURAH DAN GAK CAPEK KAKI. Apalagi kalo pihak kepolisian lebih tegas dalam membantu mensterilkan jalur busway, termasuk "tim lain" juga lhoo yang masih sering saya liat menggunakan jalur busway untuk kepentingan pribadi. Alangkah baiknya tidak ada kebal hukum termasuk dengan pihak yang menjaga jalur juga. Hukum kita itu kan berlaku untuk semuanya toh.

Sukses untuk jakarta yang bebas macet!!

Just info.. buat pengguna TJ baru dan belum apal koridor2 yg ada, kalian bisa download aplikasi komutta di app store. Aplikasi ini lumayan berguna dan free.

0 komentar:

Posting Komentar