Kamis, 17 Mei 2018

Tipe-tipe penumpang angkutan umum


Tipe penumpang angkutan umum yang mesti kalian tahu
Duduk di bangku prioritas padahal bukan ibu hamil ataupun lansia, tapi pas diminta duduknya buat yang prioritas malah misuh-misuh. Kalau kalian sering naik angkutan umum pasti pernah ngeliat penumpang model begini. Tapi ternyata masih banyak lho jenis penumpang lain yang bisa kita temukan dan kadang bikin senyum sendiri atau geleng-geleng kepala.

1.       Penumpang tidur
Biasanya berciri pake jaket tebal, untuk menghangatkan diri dari terpaan ac yang kadang dinginnya gak santai. Dan pakai masker operasi. Model penumpang ini pas baru naik dan dapat duduk langsung nyari posisi ternyaman. Kadang benar tidur, kadang hanya pura-pura tidur, terutama kalau lagi berenti di shelter.

2.       Penumpang sibuk dengan gadget
Model yang ini ketika masuk angkutan gak akan lepas dari handphone. Dia akan terus menatap layarnya. Yang dilakukan bisa apa saja, chatting, main game, atau nonton film. Biasanya mereka juga tidak perduli mau dapat duduk atau berdiri. Buat mereka, handphone mereka bisa menjadi hiburan terbaik disaat berdesakan dalam angkutan.

3.       Penumpang bergerombol
Sekali masuk angkutan mereka akan terdiri dari beberapa orang. Bisa satu geng, sekomunitas, dll. Mereka cenderung akan asik sendiri dan tidak jarang akan berbicara dengan suara yang cukup lantang tanpa perduli pembicaraan mereka didengar orang lain atau justru malah mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

4.       Penumpang pecinta music
Kalau model penumpang yang ini, usahakan jangan bertanya atau mencoba mengajak ngobrol mereka. Telinga mereka biasanya sudah dijejali earphone atau headphone. Dan seringnya, volume suaranya terlampau keras hingga penumpang disebelahnya bisa mendengar. Jangan kaget bila melihat mereka kadang bergoyang juga Karena terlampau menikmati alunan lagu yang didengar.

5.       Penumpang prioritas
Saat sulit mendapat duduk disaat jam sibuk angkutan, penumpang cenderung menduduki bangku manapun yang kosong. Tapi resiko menduduki bangku prioritas harus membuat kita sadar diri juga siapa yang berhak menggunakannya. Jangan Karena tidak mau berdiri jadi mengabaikan lansia, ibu hamil, ataupun orang sakit yang jelas lebih butuh bangku prioritas. Jadi sebagai penumpang yang tidak masuk 3 kategori itu harus sigap memberikan bangku prioritas tanpa diminta. Gak mau kan muka kita jadi viral di media social Karena tidak mau saat diminta memberikan bangku prioritas.

6.       Penumpang dekat pintu
Hehe kalau ini model penumpang yang sebenarnya lokasi dia turun masih jauh, tapi dia tidak mau masuk lebih ke dalam disaat dalam angkutan padat penumpang. Biasanya alasannya sepele, Karena takut susah melewati penumpang lain saat mau turun. Tapi sayangnya kalau penumpang lain tidak sengaja mendorong Karena terhalang jalan olehnya saat ingin keluar, penumpang model ini tidak terima.

7.       Penumpang dunia milik berdua
Waahh kalau model yang begini paling bikin greget kayaknya. Biasanya dilakukan oleh pasangan yang dimabuk asmara. Mereka bisa dengan santainya mengumbar kemesraan tanpa perduli sedang berada di ruang public. Bisa jadi ada juga anak kecil yang melihat mereka. Tidak jarang sekalipun ditegur, penumpang model ini tidak bergeming. Mungkin sudah mental tembok.

8.       Penumpang dalam kesempitan
Entah ya, apakah model ini pantas disebut penumpang. Namanya juga dalam kesempitan, penumpang model ini biasanya hanya memanfaatkan keramaian dan kelengahan dari penumpang sekitarnya. Bisa jadi pencopet, ataupun predator pelecehan. Modus yang mereka lakukan pun berbagai macam, dan semakin membuat kita geleng-geleng kepala dibuatnya.
Nah, itu dia beberapa model penumpang yang mungkin kalian juga pernah menemukan atau malah jangan-jangan kalian sendiri termasuk salah satunya?? Hehe.. moda angkutan umum kita memang semakin baik dan dibuat senyaman mungkin untuk penumpang, tapi jangan sampai kenyamanan kita jadi melupakan hak-hak penumpang lain. Bila memang kita membutuhkan duduk saat berdiri, sampaikan saja. Biasanya memang orang kita jarang yakin memberikan duduk bila tidak melihat fisik (maksudnya anggota badan yang diperban atau muntah di depannya langsung). Dan cobalah meminta di bangku prioritas lebih dahulu disaat kamu membutuhkan duduk. Tapi jangan disalah buat yah.

0 komentar:

Posting Komentar