Jumat, 15 Januari 2016

HOTEL DI KOLAKA SULAWESI

siapa yang kalau ngebolang diusahain ngetrip semurah mungkin tapi kalo cari tempat tidur maunya tetep yang nyaman?!! siapa yang kalau mandi bisanya cuma pake air hangat?!!

SAYA...!! langsung ngacungin tangan deh. nah, karena 2 hal ini tiap jalan pasti budget bengkaknya di PENGINAPAN. sebab penginapan yang nyediain air panas minimal itu bintang 3. tapi biasanya kalau di daerah jawa, hal semacam ini gak bakal jadi masalah. karena pilihan hotelnya itu buanyak bangett. malah bintang kelas 2 juga ada air panas plus dapet sarapan juga.

Nah beda ketika saya harus ke tempat ini, yaitu POMALAA, Sulawesi Tenggara. sebulan sebelum keberangkatan saya kesana yang saya lakuin cuma browsing penginepan. dan hasil googling cuma menunjukan satu hotel yang paling sering disebut dan digadang-gadang paling BAGUS di daerah itu, yaitu SUTAN RAJA HOTEL. dengan price kamar yang diatas 400rb, hmmm.. dengan kemungkinan 5 hari disana bearti saya harus nyiapin budget 2,5 jt cuma buat kamar. ALLAHUAKBAR!! cancel aja apa nih ya keberangkatan... *galau mode on

Tapi dengan tekad yang tulus dan berharap ada bantuan dana yang mengucur berangkatlah saya kesana. dengan penerbangan jakarta-makasar, trus sambung makasar-pomalaa. target saat sampai lokasi adalah langsung pergi ke SUTAN RAJA. perjalanan dari bandara ke sana lumayan juga ternyata, dengan kondisi jalan yang masi kurang bagus tapi UNTUNGNYA gak ada macet dan lampu merah sekitar 40 menit lah yaa klo pake mobil bisa sampai disana (klo pake mobil off road bisa lebih cepet lagi kayanya). dan jeng jeng.. long wiken, berikut sedikit bencana dilaut membuat kamar hotel terbilang penuh, untungnya masi dapet satu kamar standar seharga +/-450rb. staff hotel bilang itu masih harga promo harga aslinya 470rb kalo g salah. emang sih terbilang nekad gak booking sebelumnya, karna masih ngarep bisa nemuin penginepan yang lebih murah sebenernya. oia buat lebih jelas soal penampakan hotel ini bisa diliat di web nya http://sutanrajahotelkolaka.com

Disana saya cuma bermalam 2 hari, karena kondisi keuangan dan fasilitas yang menurut saya kurang nyaman. saya dapat kamar yang dekat dengan akses restoran, jadi saat malam pun di depan kamar ramai suara orang lalu lalang. ac dan air panasnya aman, tapi tv kabel yang dijanjikan justru terbatas hanya channel olahraga. esoknya saya minta ganti kamar, tp karena penuh, saya terpaksa menunggu orang cek out dulu sampai siang. dan di kamar kedua ini dengan fasilitas yang sama hanya menghadap kelaut viewnya justru tidak lebih baik. memang aksesnya jauh dari lalu lalang tapi ac nya bau, dan kamar terasa lembab. ahh.. saya langsung berpikir mencari penginapan lain secepatnya. tapi hotel ini memang terbilang paling bagus dari bentuk sekaligus posisinya. hotelnya terlihat megah dan besar. fasilitasnya memang lengkap, ada kolam renang yang bisa dipakai umum juga tanpa harus menginap, fitness centre, dan sarapan buffet. sarapan yang dihidangkan pun lengkap standar hotel.

Mungkin buat yang baru pertama kali kesini seperti saya, hotel ini akan menjadi pilihan utama. terlebih di web pun informasi soal penginapan terbilang minim. padahal POMALAA saya bilang daerah yang cukup bagus bila dikelola dengan benar. sepanjang jalan hutan bakau membentang, mau ikan tinggal bawa serokan aja kali kalau saya bilang, pantai yang indah juga banyak sekali disini. tinggal penginapan dan fasilitas penunjang lainnya aja disediakan, POMALAA siap jadi destinasi baru favorit para wisatawan.

Back to curhatan, setelah dapet kamar yang bau dan lembab itu serta kemungkinan tukar kamar yang tidak lagi mungkin karena kondisi hotel yang masih full, saya mencoba berkeliling cari penginapan lain. DAN TERNYATA, di tempat yang tersembunyi, kalau saja kalian mau masuk gang atau jalanan yang lebih kecil, kalian akan menemukan hotel dan wisma yang cukup bersih dan nyaman dengan harga yang lebih terjangkau dan fasilitas yang sama.

Dan pilihan saya jatuh kepada X-PRESS HOTEL.... hotel ini sudah berdiri selama 3 tahun, tapi fasilitas kamarnya masih gress. alamat hotel ini di:

Jl. Pemuda km.3 no.240KolakaSulawesi TenggaraIndonesia

Telp. +62 405 2325088

Kisaran harga kamarnya +/- 350 rb tapi ketika saya menginap ada promo harga per malamnya 280rb. duh sayang nih gak sempet foto kondisi kamarnya. kamar yang disediakan tidak ada macam-macam. hanya dengan pilihan twin bed atau single bed. di tiap kamar fasilitas yang disedikan adalah AIR PANAS (wajib dikasih tau ini), ac, tv kabel (channelnya banyak), air mineral, perlatan mandi, dan makan buffet juga (walo pilihan lauknya terbatas) sama kan kaya SUTAN RAJA.

Hotel ini bisa buat pilihan kalau kamu pergi sendiri atau berdua, tapi kalau bareng keluarga better milih wisma, gak jauh dari xpress hotel ada wisma 757, saya sempat ngeliat kesini tapi berhubung kamarnya terlalu luas kalau buat sendiri dan saya gak terbiasa dengan hal itu saya pikir ini bisa jadi opsi yang bagus buat keluarga. kamarnya kisaran 200-350rb, tergantung tipe kamar. modelnya kaya kontrakan petakan gitu. ada kantin tersendiri buat sarapan, musholla, dan parkiran yang cukup luas.

Well.. itu dia beberapa penginapan yang bisa saya share di perjalan pertama saya ke kolaka. semoga info ini bisa membantu buat kalian yang perdana mau kesana juga macem saya. biar nambah deh informasi di mbah google. Buat yang berbudget lebih silahkan main ke SUTAN RAJA, tapi kalau bisa dengan dana yang lebih minim dan fasilitas yang sama baik kenapa gak coba cari penginepan lain toh.. hehe

Btw, dari dua penginepan yang saya datangi keduanya punya room karaoke lho di bagian gedung lainnya.. lumayan lah hiburan kalau kalian belum ada tujuan sesampai disana.

3 komentar:

RIZKA mengatakan...

Bermanfaat sekali infonya.... Terima kasih

Unknown mengatakan...

Wahhh... infonya bermanfaat, aku aja yang orang Kolaka gak tau kalo di X-Press Hotel ada fasilitas air panasnya

Unknown mengatakan...

Saya mau cari pohon kelapa yg sdh tua,kira kira ada nggak

Posting Komentar