Senin, 26 Desember 2016

Bikin Paspor di Jakarta? Gampang, Asal..

eitss bener lho ini, secara udah buktiin sendiri. sebenernya dulu pas di kantor pertama udah disuruh bikin, dikasih surat rekomendasi lah biar katanya lebih cepet jadi tapi tetep aja gak bergerak. maklum.. kita mah anaknya lebih suka disuruh keliling kerja indonesia daripada keluar negeri. sampe akhirnya pindah ke kantor-kantor berikutnya, malah jadi ganjel kerjaan lantaran kalo mau ditugasin keluar gagal lantaran gak punya paspor.

nah.. ceritanya akhirnya saya kepentok dan gak bisa nolak lagi buat bikin. tanya ke temen yang pernah bikin secara mandiri sekarang udah bisa bikin paspor online katanya. paspor online ini bukan bearti semua via online terus nanti paspor dikirim gitu kalo udah jadi macem kita belanja online shop. ternyata kita cuma diharuskan ngisi biodata terlebih dahulu aja dan bayar duluan. jadi nanti tinggal antri buat foto dan wawancara aja di imigrasi yang udah kita pilih pas daftar. oia walaupun udah ngelampirin segala syarat kita mesti tetep wajib bawa surat asli persyaratan. cuma pas saya nyoba hampir seminggu buat pendaftaran online, servernya down melulu. kebanyakan yang make kali.. pas isengv tanya petugas di kantor imigrasi malah disuruh daftar jam 2/3 pagi.. lah itu kan ada limit waktu pembayarannya. petugasnya lucu juga ngasih sarannya.

next karena gak bisa daftar online langsung lah dateng ke lokasinya langsung, yaitu imigrasi jakarta timur. btw kalo kamu baru mau bikin paspor sekarang gak harus sesuai wilayah tempat tinggal, bebas dimana aja yang terdekat semau kamu. nanti di kantornya kamu diharuskan ambil formulir biodata, sama surat pernyataan dengan materai. usahakan semua fotokopi surat-surat udah lengkap dan JANGAN DIPOTONG!! kaya ktp, surat nikah, pokoknya yang besarnya gak segede A4 biarin aja di kertas selembar jangan dipotong sesuai ukuran apalagi difotokopi bolak-balik. di imigrasi jaktim ada tukang fotokopi yang udah khatam dalam tugasnya. abis ambil formulir mending langsung antri.. iyah antri, isi formulirnya nanti aja kalo kamu udah dapet duduk antrian. ini serius.. karena sisa waktu 5 menit itu sangat berarti. pelayanan antrian di imigrasi jaktim itu dari senin-jumat, di hari selasa & jumat antrian dimulai dari jam 6 pagi, sedangkan hari lain dimulai jam 8 pagi. sistem antrian tergantung komputer yang ada di pengecekan awal yang otomotis mati di jam 10 pagi teng gak pake basa-basi. mau kamu udah di barisan paling depan kalo si komputer udah mati juga gak bakal ditolerir, paling banter bakal dikasih ucapan terimakasih karena sudah mau menunggu sama petugas. ANTRI LAH SEBELUM JAM 6 PAGI, gak peduli kamu dateng hari apa juga. belajar dari kesalahan saya yang selalu telat 30 menit jadi 4 kali dateng ke imigrasi, padahal harusnya cuma 2 kali. yang pertama kali saya dateng jam 6.30, trus yang kedua jam 6.00 dan harus pulang gigit jari karena gak dapet antrian.

total kita dateng ke imigrasi itu cuma 2 kali.. karena sistem yang mereka gunakan sekarang adalah one stop service. di hari pertama kita masukin berkas, foto, dan wawancara. abis itu pulang dan bayar, 3 hari kemudian dateng lg ke imigrasi buat ambil paspor nya. simpel banget.. gak perlu pake CALO. dan jangan mau pake CALO, percuma banget. kenapa? dari mulai antri aja muka kita udah difoto buat daftar antrian, jadi klo pas di dalem nuat pemeriksaan berkas beda muka sama yang di foto antrian ya wassalam.. kalian harus pulang. paling yang pernah saya lihat pas kemaren itu adalah CALO ANTRIAN. jadi mereka dudukin kursi antrian trus pas si pengguna dateng yaa mereka gantian duduk deh. terserah kalo itu yang mau kalian coba.

antrian untuk dapet antrian, yang duduk itu battle royal pertama kalian
nih biar ada bayangan, itu di antara yang berdiri kan ada yang duduk, nah yang duduk itu yang jadi antrian pertama kita setelah ambil formulir buat nanti ambil antrian yang berdiri (jangan bingung). di balik antrian yang berdiri ada tukang fotokopi buat kamu yang lupa atau kurang syaratnya (ada materai juga). nah sambil nunggu dapet antrian yang diri, pas duduk kalian bisa ngisi deh.. buat cara pengisian ada kok ditempel caranya di meja-meja yang udah disediakan eh tapi bisa lah pasti semuanya gak ngeliat juga. inget antrian pertama itu PENTING. liat juga depan belakang kamu, klo lengah suka ada yang nyelak dan siap-siap di BOOOO sama semua orang. ingetin juga buat lansia dia atas umur 60, ibu hamil, dan anak kecil mereka punya antrian prioritas yang bisa digunakan. kasian kalo harus ikut antrian nguler manual. jadi di imigrasi jaktim ini ada 3 jenis antrian. pertama yang manual dan biasanya nguler ampe kemana-kemana, antrian online, sama prioritas. dipanggilnya 6 orang per antrian secara gantian. adil kok bener.. karena dipantau terus sama petugas. info aja buat pengisian masa berlaku ktp, secara sekarang kan yang digunain ektp berlaku seumur hidup jadi kamu tambahin aja 5 tahun dari tahun terakhir masa berlaku habis kamu. kayak saya kemarin, habis berlaku 2016, saya ganti jadi 2021.

ini cek kelengkapan berkas aja, belum keaslian blaem-blaem. terus difoto buat no antrian di dalem
kalau udah maju, kita antri buat di cek pertama berkasnya sama si bapak itu, dia juga yang misahin si prioritas, online, dan manual. di dalem nanti beda lagi itu antriannya. abis itu di foto deh.. gunanya pas didalem itu kan banyak orang, kalo foto kalian terpampang di layar monitor bearti itu nomer kamu dipanggil buat pengecekan.

ini antrian setelah dapet nomer, ada layar yang nampilin foto dan nama kamu
antrian di dalem itu nyaman, ada tv kabel walopun isinya cuma "just for laugh" doank. ada meja berjejer kan itu tiga buah di sebelah kiri, itu dia meja pengecekan berkas. kalo nama dan foto udah terpampang di monitor kamu langsung maju ke meja itu. proses disini cepet banget. jadi jangan sampe kalian kelewat. disini proses penentuan kamu bisa lanjut atau enggak ke tahap wawancara & foto. gak sedikit yang mesti pulang di tahap ini. tapi yakin aja kalo data kamu asli dan lengkap pasti lolos. kasus yang sering saya lihat kemarin itu adalah beda nama di satu surat dan surat lain. biasanya terjadi sama yang namanya pake ejaan lama. kalau kayak gini, mending kamu siapin surat PB1 alias pernyataan dari kelurahan dan tentuin nama mana yang mau dipake. biasanya nama akan  mengacu pada akte kelahiran/ ijazah/ surat nikah.

meja wawanvara dan foto nya ada banyak banget

perhatikan terus monitor dan nomer antrian kamu

ruang bermain anak
lanjut deh ke lantai 2 setelai berkas aman. ditahap terakhir ini yaitu wawancara dan foto gak akan makan waktu sampe 10 menit. perhatikan terus layar antrian. saya sempat kelewat 1 orang dan langsung diminta ke customer service karena dianggap lalai. serem banget.. tapi untungnya pas tanya petugas yang terlihat seumuran saya, dia mau ngelayanin. dan jangan sedih, di tahap ini bukan bearti kita langsung lolos, ternyata ada juga yang gigit jari. alasannya, mau jalan-jalan tapi gak punya penghasilan/ pekerjaa padahal udah dewasa jadi petugas pun ragu. oia, menurut saya diantara tahapan petugas, di tahap terakhir ini petugasnya yang paling kurang ramah. kurang tahu kenapa.. mereka tidak welcome dalam mejawab pertanyaan malah terkesan acuh. mungkin lelah.. iyah mungkin. setelah wawancara yang sifatnya lebih umum seperti alesan bikin paspor, pekerjaan, dll. kitalangsung foto, sempet bete juga, fotonya gak pake aba-aba. baru duduk, petugas cuma bilang agak dengak mukanya yah, baru ikutin yang disuruh tau-tau dia udah bilang "oke sudah" bengong lah ya kita... harapan di hati cuma moga muka kita gak ancur-ancur banget. abis itu pulang deh.. disuruh bayar ke teller karena butuh tanda bukti, soalnya kalo atm takutnya gak bisa ngeluarin bukti bayar (abis kertas). dan 3 hari dari hari pembayaran disuruh dateng lagi buat ambil.

ruang buat ambil paspor
3 hari setelah bayar saya dateng lagi ke imigrasi buat ngambil. 3 hari diluar sabtu minggu yah. misal kamu bayar hari jumat, dihitungnya senin, selasa, rabu, jadi kamis baru ke imigrasi. ruangan buat ambil itu beda, jadi kamu gak usah ikutan antrian nguler yang di depan itu, langsung masuk aja. lagian jam pengambilannya juga beda sama antrian diluar. buat ambil paspor antrian dilayani dari jam 10 pagi sampai jam 15.00. pas kalian masuk ruangan ini langsung tusukin aja bukti pembayaran ke paku panjang yang ada di meja, posisinya di tempat bapak berjaket merah itu. jangan sampe kena barcode nya yah pas nusuk, nanti akan ada petugas yang ngambil terus di bawa masuk. di tahap ini juga cepet kok, ada 3 loket yang beroperasi langsung. tunggu aja nama kamu dipanggil. kalau valid pasti ada.. tapi kemarin ada sedikit kasus seorang ibu. kalau sebelumnya kamu pernah punya paspor dan udah mati kamu jangan bikin baru, karena pasti ke detect dan paspor baru kamu gak akan keluar mending perpanjang aja. Soalnya kalau terlanjur bikin uang yang kamu udah bayarin bakal angus gitu aja, karena itu langsung masuk kas negara. sekedar info kalau memang kamu bikin paspor sekeluarga dan gak bisa ikut ngambil, minta ktp asli atau surat pernyataan yah pas ngewakilin. khusus anak kecil, mereka harus ikut.. gak bisa diwakilin.

udah kok gitu aja prosesnya, yang penting kalau kalian mau bikin paspor surat-surat dilengkapin dulu, sama DATANG PAGI. buat tipe not morning person kaya saya aja bisa masa kamu enggak. biaya bikin paspor 355 per orang. ikutin prosedur yang ada, insha allah lancar sentosa. bikin paspor sekarang gak susah... dan so far saya terbantu dengan petugas-petugas yang ada. salut buat mereka, segala keribetan birokrasi yang pernah diceritain terbukti sekarang udah gak ada, bebas pungli pokoknya. paling sekedar masukan (tadinya mau nulis di kolom saran web mereka tapi mau masuk web nya aja susah) itu servernya dibetulin kenapa.. penggunanya banyak harus lebih ditingkatin kualitasnya. terus percuma cantumin nomer customer online kalau gak pernah bisa dihubungin. Better kalau kalian punya pertanyaan, layangnya aja lewat twitter mereka di @humasimigrasi adminnya cukup responsif paling agak sabar aja nunggu dijawab karna pasti admin ngelayanin ratusan pertanyaan. eh iya khusus imigrasi jakarta barat, mereka buka juga kalau sore, kalau gak salah jam 4 sore sampai jam 7 malam. selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar